oleh

Hore! Pemutihan Pajak di Lampung Mulai 1 April, Begini Mekanismenya

VoxLampung.com, Bandar Lampung – Pemerintah Provinsi Lampung akan memulai program pemutihan pajak kendaraan bermotor (PKB) dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) pada 1 April 2021. Pelaksanaanya akan berlangsung hingga 30 September 2021 mendatang, di Samsat Induk dan sejumlah Samsat Pembantu.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Lampung Adi Erlansyah mengatakan, pemutihan pajak itu berlaku untuk semua jenis kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat, yakni untuk pembayaran pajak tahun berjalan, bebas bea balik nama (BBN), penghapusan denda tunggakan sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ), dan mutasi masuk dibebaskan biaya BBN, baik dari luar maupun dalam provinsi.

Edi bilang, mekanisme pelayanan pemutihan itu dilakukan dengan pendaftaran secara daring dan manual (datang sendiri). Kemudian mendaftar secara manual di samsat.

“Khusus pendaftar daring, bisa menunjukkan bukti pendaftarannya,” Kata Edi melansir lampost.co.

BACA JUGA: Catat! Tilang Elektronik Mulai Berlaku di Bandar Lampung, Ini Lokasi Kameranya

Sebelum memulai proses, lanjutnya, pendaftar harus dicek suhu dan menerapkan protokol kesehatan lainnya. Selanjutnya petugas melakukan verifikasi kelengkapan berkas pemutihan.

Kemudian, kika berkas dinyatakan lengkap, wajib pajak diarahkan ke loket pendaftaran (STNK hidup). Lalu, wajib pajak diarahkan cek fisik (mati STNK) dan loket pendaftaran, serta pemberian nomor antrean.

Selanjutnya, wajib pajak diarahkan sesuai dengan pembayaran pajaknya, baik perpanjangan, rubentina, maupun dan BBN II, serta melakukan pembayaran PKB di Bank Lampung. Hingga peserta pemutihan ke ruang tunggu untuk penyerahan STNK.

Dalam satu hari pelayanan pemutihan dibatasi hanya 150 kendaraan dengan jam kerja pada pukul 08.00–10.00 WIB, 10.00–12.00 WIB, dan 13.00–15.00 WIB. Masing-masing jadwal tersebut dibatasi 50 kendaraan.

Adapun layanan pemutihan itu bisa dilakukan di Samsat Bandar Lampung, Gunung Sugih, Kotabumi, Kalianda, Menggala, Sukadana, Metro, Way Kanan, Liwa, Tanggamus dan Samsat Mesuji.

Kemudian, di Samsat Pembantu yakni di Samsat Pringsewu, Pesawaran, Tulangbawang Barat dan Pesisir Barat. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Rekomendasi