oleh

Pasca Gempa, Polres Tanggamus Pastikan Tidak Ada Kerusakan Maupun Korban Jiwa

VoxLampung.com, Tanggamus – Gempa bumi terjadi di Tanggamus dan sekitarnya sejak Kamis, 1/7/2021, kemarin, hingga Jumat petang, 2/7/2021, dan tercatat lebih dari 190 kali.

Gempa tektonik yang berpusat di laut, 28 kilometer Tenggara Tanggamus dengan kedalaman 1 Km, Koordinat: 5.56 LS, 104.60 BT, itu dinyatakan tidak berpotensi tsunami.

Pasca gempa itu, Polres Tanggamus melakukan pendataan dan meminta informasi kepada BPBD serta masyarakat di sejumlah titik, khususnya di wilayah perairan, sehingga diketahui tidak ada korban jiwa maupun kerusakan.

Hal itu dikatakan Kasubbag Humas Polres Tanggamus Iptu M Yusuf, setelah pihaknya berkoordinasi dengan para Kapolsek jajaran, terutama yang memiliki wilayah perairan dan BPBD Tanggamus.

“Hingga sore ini, tidak ada laporan yang masuk ke Polres Tanggamus, baik kerusakan maupun korban jiwa,” kata Iptu M Yusuf mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya, melalui keterangan tertulisnya, Jumat sore.

BACA JUGA: Hingga Jumat Pagi, Total 181 Gempa Bumi Terjadi di Teluk Semangko Tanggamus

Saat gempa yang terjadi pada pukul 10:43 WIB, lanjutnya, memang dirasakan juga khususnya di gedung Aula Paramasatwika, saat Polres Tanggamus sedang melaksanakan kegiatan. Selain itu, sebelum pelaksaan upacara Hari Bhayangkara ke-75 secara virtual di aula tersebut pada pukul 08:50 WIB memang dirasakan gempa.

“Saat upacara Virtual tadi yang dipimpin Presiden RI berlangsung tanpa gangguan, berjalan tertib dan lancar. Namun saat pelaksanaaan ramah tamah kembali gempa dan personel keluar sejenak karena ada getaran,” ujarnya.

Terkait munculnya sejumlah gambar di media sosial yang menggambarkan kerusakan dengan narasi “Gempa Dahsyat Lampung Pagi Ini – Gempa Lampung 1 Juli 2021” Yusuf menegaskan bahwa gambar tersebut dipastikan tidak benar.

“Gambar cover video youtube @Alex xa gokil yang beredar di media tidak benar dan bukan peristiwa yang terjadi di Tanggamus,” tegasnya.

Kasubbag Humas menjelaskan, pihaknya telah melakukan teguran kepada pembuat konten tersebut agar memberikan informasi yang akurat, baik melalui judul maupun cover video yang ia terbitkan.

“Telah kami lakukan teguran sehingga informasi akun tersebut tidak menyesatkan,” jelasnya.

Selain itu Iptu M Yusuf juga mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik, namun tetap waspada dan bermawas diri.(*)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Rekomendasi