oleh

Hingga Jumat Pagi, Total 181 Gempa Bumi Terjadi di Teluk Semangko Tanggamus

Voxlampung.com, Bandar Lampung –
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Lampung menyatakan, hingga Jumat pagi, 2/7/2021, total gempa di Tanggamus akibat aktifitas Sesar Semangko mencapai 181 kali.

“Hasil monitoring BMKG terkait gempa bumi di Teluk Semangko sampai pagi ini sebanyak 181 kali,” Tulis BMKG melalui akun instagram resminya @infobmkglampung, Jumat pagi.

Sejauh ini, gempa yang terjadi dengan Magnitudo terkecil yakni 1,1 dan terbesar dengan Magnitudo 4,6 dengan guncangan yang dirasakan lebih dari 10 kali.

BMKG menyatakan, pihaknya tidak mengeluarkan peringatan dini tsunami lantaran kekuatan gempa masih kurangdar dari 5 Skala Richter.

Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat Tanggamus dan sekitarnya agar tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Kendati demikian, BMKG tetap meminta warga selalu waspada, dan berjaga-jaga jika ada kemungkinan gempa susulan yang lebih besar kekuatannya.

Sempat terjadi kepanikan warga lantaran ada isu tsunami. Namun BMKG menegaskan bahwa sejauh ini belum ada peringatan tsunami. Bahkan BMKG bersama instansi lain menurunkan tim untuk terjun langsung ke Pelabuhan Kotaagung untuk memantau pasang surut air laut.

“Sampai saat ini kondisi air laut normal. Mohon untuk tidak mempercayai berita yang tidak benar ya. Pastikan informasi yang sobat dapatkan resmi dari BMKG untuk menghindari kepanikan di tengah masyarakat,” Tulis BMKG. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Rekomendasi