oleh

Wabah Penyakit Udang Rugikan Petambak, Dwita Ria Sigap Cari Solusi

VoxLampung.com, Lampung Timur – Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Gerindra Dwita Ria Gunadi mengajak mitra kerja Komisi IV DPR RI yaitu Kementerian KKP, untuk melaksanakan kegiatan bimbingan teknis bagi Pembudidaya Udang Vaname di Labuhan Maringgai, Lampung Timur.

Dwita Ria mengungkapkan, saat ini serangan wabah penyakit Acute Hepatopancreatic Necrosis Disease (AHPND) menjadi momok menakutkan bagi petambak udang.

“Penyakit udang ini menyerang udang saat usia 30 hari dan tingkat kematiannya cukup tinggi yaitu 30 persen,” kata legislator Gerindra itu.

Kegiatan bimbingan teknis yang dilakukan ini, untuk mencari solusi yang tepat guna mencegah terjadinya berbagai wabah penyakit.

“Salah satu komponen yang diperkenalkan adalah disinfektan ramah lingkungan yang telah terbukti dengan cepat membunuh bakteri dan menghilangkan berbagai patogen yang dapat menyebabkan penyakit pada udang seperti yellow head virus, white spot syndrome virus (WSSV), dan Vibrio parahaemolyticus penyebab AHPND,” papar Dwita Ria.

Selain itu, menurut Dwita Ria, bimbingan teknis juga akan memberikan rekomendasi pemberian dosis disinfektan serta protokol yang harus dilakukan petambak jika terserang wabah.

“Sehingga para petambak dapat berbudidaya dengan aman tanpa khawatir tambaknya terserang penyakit,” pungkas Dwita Ria Gunadi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPRD Lampung Timur, Camat Labuhan Maringgai, Kepala Kampung Muara Gading Mas, serta mewakil KKP dari BPPP Tegal.*

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Rekomendasi