oleh

Lapas Perempuan Bandar Lampung Launching Green House El’Pualam

VoxLampung.com, Bandar Lampung -Lapas Perempuan Kelas IIA Bandar Lampung untuk membuka sekaligus meresmikan program Rehabilitasi Sosial dan Pelatihan Kemandirian bagi Warga Binaan. Acara berlangsung di area aula terbuka Lapas setempat, Selasa, 9/3/2021.

Acara dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung Danan Purnomo, bersama Kepala Divisi Pemasyarakatan Farid Junaedi.

Hadir juga para Kepala UPT Pemasyarakatan Bandar Lampung dan para Mitra Kerja, antara lain BNN, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung, Fakultas Pertanian Unila dan Wisma Ataraxis Lampung.

Baca juga: Tabuhan Marawis Dari Balik Jeruji Lapas Narkotika Bandar Lampung

Kegiatan diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Kemenkumham Lampung, diikuti oleh seluruh peserta acara dan tamu undangan, dilanjutkan penyampaian laporan oleh Kepala Lapas Perempuan Lampung Putranti Rahayu.

Putranti Rahayu menyampaikan, kegiatan rehabilitasi sosial akan diikuti oleh 20 orang warga binaan. Sedangkan kegiatan pelatihan kemandirian akan diikuti oleh 40 orang warga binaan.

Kepala Kanwil Kemenkumham Lampung Danan Purnomo mengatakan, program rehabilitasi dan pelatihan kemandirian ini diharapkan dapat membantu produktifitas WBP saat menjalani masa pidada.

“Diharapkan dapat memberikan wawasan kepada Warga Binaan sehingga mereka memiliki bekal keterampilan setelah bebas, juga untuk selalu menjauhi narkoba, serta membentuk prilaku yang lebih baik sehingga nantinya setelah bebas dapat berperan aktif di masyarakat,” Kata Danan.

Kemudian, Kakanwil meresmikan Green House El-Pualam yang merupakan sarana untuk pelatihan keterampilan budidaya tanaman hias, sayuran dan tanaman buah dalam pot.

El’Pualam sendiri merupakan akronim dari Lapas Perempuan Lampung. Selain menjadi trend di kalangan masyarakat luar, budidaya tanaman ini bertujuan dalam rangka membangun ketahanan pangan.

Selain itu, diharapkan dapat membangun kreatifitas dan kemandirian petugas serta warga binaan, dalam mengelola lingkungan dan tanaman rumahan untuk kemudian dapat dipasarkan secara luas.(*)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Rekomendasi