oleh

Tim SAR Evakuasi Nenek yang Tersesat di Hutan Desa Sukaraja Lambar

VoxLampung, Lampung Barat – Tim SAR Gabungan berhasil menyelamatkan seorang nenek yang tersesat saat berkebun di Hutan Desa Sukaraja, Kecamatan Batu Brak, Kabupaten Lampung Barat, pada Kamis, 4/1/2024.

Kejadian tersesatnya sang nenek berawal pada Selasa, (2/1) sekira pukul 07.00 WIB, korban bernama Sarmi (91) pergi ke kebun. Namun hingga sore hari korban belum juga pulang. Kemudian keluarga korban menyusul dan ditemukan hanya perkakas (bakul) yang biasa dibawa korban.

Keluarga korban dan warga sekitar melakukan pencarian secara mandiri namun belum ditemukan, hingga akhirnya kejadian tersebut dilaporkan kepada Basarnas pada Rabu (3/1) Pukul 20.45 WIB.

Mendapat laporan tentang kejadian tersebut, Kepala Kantor SAR Lampung Deden Ridwansah langsung mengerahkan 1 tim Rescue Pos SAR Tanggamus untuk melakukan pencarian.

Kepala Kantor Sar Lampung Deden Ridwansah diwakili Koordinator Pos SAR Tanggamus Roby Rusli menjelaskan, pada hari Kamis (4/1) pukul 03.45 WIB, tim tiba di lokasi dan langsung melakukan koordinasi dengan unsur SAR Gabungan yang terdiri dari Babinsa Sukaraja, Polsek Sukaraja, TRC-RAPI Lampung Barat, BPBD Lampung Barat, dan Masyarakat Setempat.

“Kemudian Tim SAR Gabungan menyepakati mulai pencarian dengan metode ESAR Closed Grid Tipe 3 dari titik duga lokasi hilang menuju Desa Sukaraja,” ujar Roby berdasarkan keterangan tertulis yang diterima VoxLampung.

Pukul 07.00 WIB, tim SAR Gabungan memulai pencarian kembali dengan metode ESAR. Kemudian sekitar pukul 12.55 WIB Tim SAR Gabungan berhasil menemukan korban dengan keadaan selamat pada Koordinat 4°58’41″S 104°7’55″E Radial 150.51° Jarak ± 1.5 Km arah Selatan Tenggara dari lokasi kejadian. Saat ditemukan, kondisi korban terduduk dengan raut wajahnya terlihat kelelahan.

“Selanjutnya korban dievakuasi menuju rumah korban. Pukul 13.50 WIB korban telah berhasil dievakuasi ke rumahnya dan diserahkan kepada pihak keluarga,” ungkapnya.(Rls)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Rekomendasi