oleh

Curah Hujan Masih Tinggi, Warga Lampung Diimbau Selalu Waspada

Voxlampung.com, Bandar Lampung – Intensitas curah hujan tinggi diprediksi masih akan melanda sebagian besar wilayah di Lampung hingga beberapa hari ke depan. Warga Lampung diimbau tetap waspada terhadap hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Prakirawan BMKG Radin Inten II Lampung melalui situs resminya https://www.bmkg.go.id/ pada Kamis, 14 Januari 2021 menulis, terjadi tekanan rendah (998 mb) di Samudera Hindia sebelah tenggara Lampung atau Banten. Sirkulasi MJO (Madden Jullian Oscillation) sedang aktif di kuadran 3 dengan intensitas sedang.

Suhu muka laut di sekitar Lampung berkisar antara 28-29 derajat celcius, dengan anomali 0 hingga -0,5 di perairan sebelah barat hingga selatan Lampung serta antara +0,5 hingga +1,0 di perairan sebelah timur Lampung. Terbentuk belokan angin di wilayah Lampung dan sekitarnya.

Baca juga: Agrowisata Way Handak Kalianda Siap Dibangun, Bakal Dibagi 5 Zona Wisata

“Kelembaban udara di lapisan 850 mb dan 700 mb terpantau sedang hingga tinggi di Lampung bagian barat, selatan dan tengah umumnya pada sore hari,” tulis BMKG.

Selain itu BMKG memprediksi prospek cuaca tiga hari kedepan wilayah Lampung, berlaku tanggal 14-16 Januari 2021.

Secara umum, wilayah Lampung dalam 3 hari ke depan diprakirakan berawan hingga hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang yakni:

1. Tanggal 14 Januari 2021 : Tanggamus, Pesisir Barat, dan Lampung Barat pada sore hari.

2. Tanggal 15 Januari 2021 : Lampung Barat, Tanggamus, Pesisir Barat, Pringsewu, Pesawaran, Lampung Utara, Lampung Tengah, dan Way Kanan pada sore hari.

3. Tanggal 16 Januari 2021 : Pesisir Barat, Tanggamus, Lampung Barat, Pringsewu, Pesawaran, Lampung Tengah, Metro, Bandar Lampung, Lampung Timur, dan Lampung Selatan, pada siang dan sore hari.(Ahmad Riduan)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Rekomendasi