oleh

UM Pringsewu-ACT Lampung Kerjasama Program Lumbung Sedekah Pangan

VoxLampung.com, Pringsewu – Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Pringsewu (UMPRI) akan mengaktivasi program Lumbung Sedekah Pangan (LSP). Program itu akan bekerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Lampung.

Pembahasan Program Lumbung Sedekah Pangan berlangsung pada Senin, 7/12/2020. Hadir dalam pertemuan itu Ketua Prodi Pendidikan Matematika UMPRI Dra. Noerhasmalina M.Pd, Dosen Prodi Pendidikan Matematika Hidayatullah M.Pd, dan Ketua Himeks UMPRI Imam Nurohim bersama Kepala Cabang ACT Lampung Dian Eka Darma Wahyuni.

Ketua Himeks UMPRI Imam Nurohim mengatakan, bersama anggotanya, ia akan memulai program berbagi pangan dan sembako setiap hari Jumat. Penyaluran bantuan makanan siap santap dan sembako itu akan menyasar masyarakat yang membutuhkan di wilayah Pringsewu.

Untuk menyukseskan program tersebut, pihaknya akan menggandeng seluruh civitas akademika UMPRI, termasuk mahasiswa dan karyawan juga donatur yang selama ini telah kenal dengan ACT dan UMPRI.

“Untuk itu, saat ini kami tengah melakukan survei calon penerima manfaat yang akan mendapatkan bantuan tersebut,” Kata Imam melalui rilis yang diterima VoxLampung.com.

Dosen Prodi Pendidikan Matematika UMPRI Hidayatullah juga mengatakan, dalam kondisi Pandemi Covid-19 dan menjelang akhir tahun, banyak masyarakat yang sedang menunggu bantuan pangan. Biasanya menjelang akhir tahun, masyarakat yang mampu terfokus pada kegiatan liburan, sehingga dengan hadirnya LSP ini diharapkan dapat menjadi pengingat untuk terus peduli terhadap lingkungan sekitar.

Komitmen tersebut juga didukung oleh Ketua Program Studi Pendidikan Matematika UMPRI Noerhasmalina, dimana selain program LSP juga akan berkolaborasi untuk peningkatan pengetahuan kebencanaan untuk mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika seperti Volunteer Academy.

Sementara itu, Kepala Cabang ACT Lampung Dian Eka Darma Wahyuni didampingi Partnership Shintia Erleni mengatakan, kolaborasi kemanusiaan dengan kalangan akademisi diharapkan dapat menggeliatkan filantropi di Kabupaten Pringsewu, dimana kepedulian terhadap masyarakat sekitar perlu dipupuk dan diinisiasi.

Saat ini kepedulian masyarakat Pringsewu terutama kalangan muda sangat tinggi, hal ini dilihat mulai tumbuhnya Komunitas yang fokus membantu masyarakat dengan berbagai segmentasi. Untuk itu, kolaborasi kemanusiaan antar komunitas dan institusi sangat diperlukan.

“Teman-teman UMPRI sudah berkomitmen untuk memulai Program Lumbung Sedekah Pangan, ini awal untuk masuk ke program-program kemanusiaan lainnya,” tutupnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Rekomendasi