oleh

Kadivpas Kemenkumham Lampung Lakukan Monitoring dan Evaluasi Zona Integritas di Rutan Bandar Lampung

VoxLampung, Bandar Lampung – Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung, Kusnali memimpin kegiatan monitoring dan evaluasi zona integritas oleh tim internal satuan kerja pada Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Bandar Lampung, pada Jumat, 17/5/2024.

Kadivpas Kusnali menjelaskan, monitoring dan evaluasi ini merupakan program rutin yang dilaksanakan di Rutan maupun Lapas yang ada di Bumi Ruwa Jurai.

“Siang ini kami berada di Rutan untuk kegiatan rutin guna melakukan monitoring dan evaluasi dan tugas fungsi rutan dalam memberikan perawatan kepada tahanan, apakah sudah sesuai (dengan ketentuan),” kata Kusnali kepada wartawan, Jumat siang.

Kegiatan evaluasi zona integritas di Rutan Kelas I Bandar Lampung. | ist

Kegiatan diisi dengan pengarahan kepada para warga binaan pemasyarakatan, sebagai bentuk keseriusan divisi pemasyarakatan dalam memberikan pelayanan terhadap warga binaan.

“Materi yang diberikan ini, materi yang ditekankan, adalah kebersamaan, tentang keamanan dan kita sebagai petugas selalu siap menerima keluhan apa pun dari warga binaan,” terangnya.

Tak hanya memberikan pelayanan terbaik, pihaknya juga rutin melakukan langkah antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Rutan, dengan melakukan razia atau penggeledahan kamar hunian warga binaan secara rutin.

“Kami juga telah menyiapkan wartel (warung telepon) khusus untuk warga binaan agar dapat berkomunikasi dengan pihak keluarga,” imbuh Kusnali.

Sementara itu, Kepala Rutan Bandar Lampung, Iwan Setiawan menambahkan, pihaknya menyambut baik kegiatan monitoring dan evaluasi pelayanan ini guna mewujudkan zona integritas di lingkungan Rutan Bandar Lampung. Berbagai upaya perbaikan dilakukan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada warga binaan dan pihak keluarga.

“Kami tetap (menekankan) menjaga kebersamaan, keamanan, dan hak-hak warga binaan yang masih kurang lengkap, kami selalu siap menerima keluhan apa pun dari keluarga warga binaan. Bahkan kami juga sudah menyiapkan wartel khusus untuk memudahkan warga binaan berkomunikasi dengan keluarganya,” terang Iwan Setiawan.(*)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Rekomendasi