oleh

Survei Rakata: Ganjar-Mahfud Unggul di Lambar, Prabowo-Gibran Kuasai 14 Kabupaten/Kota

VoxLampung, Bandar Lampung – Hasil Survei Rakata Institut di Provinsi Lampung, Pasangan Calon (Paslon) Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02 unggul di Provinsi Lampung. Paslon Prabowo-Gibran menguasai 14 kabupaten/kota, sementara Ganjar-Mahfud unggul di Kabupaten Lampung Barat.

“Karena Lampung Barat mungkin dikenal sebagai basisnya PDIP,” kata Fatih Raftsaal Kuswanto, Peneliti Rakata saat merilis hasil survey Pilpres, di Bento Kopi, Jalan Pulau Sebesi, Sukarame, Bandar Lampung, Sabtu, 10/2/2024.

Fatih memaparkan, elektabilitas Ganjar-Mahfud di Lampung Barat mencapai 34,29%, disusul Prabowo-Gibran di angka 32,86%, dan Anies-Muhaimin di angka 17,14%. Sedangkan di 14 kabupaten/kota lainnya, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mendominasi suara dengan angka tertinggi di Lampung Tengah yakni mencapai 63,67%.

Fatih bilang, berdasarkan hasil survei secara umum, Prabowo-Gibran menjadi sosok paling elektabel di Provinsi Lampung yaitu di angka 49,65%, disusul Ganjar-Mahfud yaitu 21,65%, dan Anies-Muhaimin yaitu 18,25%.

“Namun masih ada swing voters sebanyak 10,45%, sehingga posisinya masih bisa berubah,” kata Fatih.

Survei dilakukan pada 1-5 Februari 2024, dengan menggunakan metode stratified random sampling, dan memiliki toleransi kesalahan (Margin of Error – MoE) ±2,19% pada tingkat kepercayaan 95%, sampel terdistribusi secara proporsional. Dalam survei ini jumlah sampel sebanyak 2.000 responden, dan responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Survei yang mengangkat tema “Pilpres 2024 di Provinsi Lampung kemana arah dukungan Gen XYZ dan kultural NU-Muhammadiyah” itu juga memperlihatkan hasil dari beberapa segmen.

Pada segmen agama, responden yang beragama Islam, Katolik, Hindu dan Budha masih mayoritas ke Prabowo-Gibran. Begitupun dilihat dari segmen organisasi Islam secara kultural, yakni NU dan Muhammadiyah, elektabilitas Prabowo-Gibran juga paling unggul.

Sementara berdasarkan etnis, baik itu etnis Lampung, Sunda, Jawa, Ogan, Banten, Minang, dan lainnya, elektabilitas Prabowo-Gibran juga selalu unggul.

Elektabilitas Prabowo-Gibran juga mendominasi di generasi X,Y, dan Z. Angka tertinggi yaitu pada generasi milenial atau generasi Y. Prabowo-Gibran meraup elektabilitas 22,30%, sementara Ganjar-Mahfud 10,50% dan Anies-Muhaimin di angka 8,65%.

Namun, jika dilihat dari sisi pendidikan, responden yang pendidikannya S1 ke atas mayoritas mendukung Anies Baswedan-Muhaimin. Pada tamatan S1, Prabowo-Gibran di angka 2,75%, unggul tipis dibanding Anies-Muhaimin yang di angka 2,55%. Sementara Ganjar-Mahfud di angka 0,95%.

Kemudian untuk responden tamatan S2 dan S3, Anies-Muhaimin unggul di angka 0,20%, disusul Prabowo-Gibran 0,15%, dan Ganjar-Mahfud di angka 0,5%.

Sementara itu, terkait pengetahuan publik Lampung terkait pelaksanaan Pemilu, Fatih menjelaskan, di Provinsi Lampung, sebanyak 96,05% publik sudah mengetahui Pemilu 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang, sedangkan sebanyak 3,95% belum mengetahuinya.

Kemudian, sebanyak 93,70% publik akan berpartisipasi hadir ke TPS dan ikut mencoblos pada Hari H pada pemilu 2024, dan sebanyak 0,35% mengaku tidak akan berpartisipasi hadir ke TPS dan tidak ikut mencoblos pada Hari H pemilu 2024.(*)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Rekomendasi