oleh

Program Desa Binaan di Teluk Pandan, BEM Poltekkes Tanjungkarang Bangun Septic Tank Semi Apung

VoxLampung.com, Pesawaran – Kementerian sosial kesehatan (kemensoskes) BEM KM Poltekkes Tanjungkarang melaksanakan program Desa Binaan di RT 005, Dusun Sidodadi, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran. Kegiatan dilaksanakan pada Senin, 8 Oktober 2022 sampai dengan 9 Oktober 2022, mendatang.

Mengangkat tema “Bergerak Bangun Desa Yang Sehat Untuk Negeri Yang Berkualitas”, kegiatan ini merupakan kali kedua pelaksanaan Desa Binaan di desa tersebut.

Adapun kegiatan yang dilakukan adalah pembuatan septic tank semi-terapung, literasi, nonton bersama masyarakat, senam bersama, dan kegiatan gotong royong.

Menurut ketua pelaksana kegiatan Riona, kegiatan itu sebagai salah satu wujud dari Tridarma Perguruan Tinggi, dimana salah satunya yakni pengabdian masyarakat.

BEM KM Poltekkes Tanjungkarang Laksanakan Program Desa Binaan di Teluk Pandan Pesawaran. | ist

Sementara, Menteri Sosial Kesehatan BEM KM Poltekkes Tanjungkarang Farida menyebutkan, kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan desa binaan yang telah dilaksanakan pada 4 Juni 2022 lalu, yang mana dilaksanakan kegiatan cek kesehatan gratis dan literasi pada warga desa.

Presiden mahasiswa BEM KM Poltekkes Tanjungkarang Anjar Dwipaningtyas mengatakan, pada Desa Binaan di triwulan ketiga ini, BEM KM Poltekkes Tanjungkarang mengambil permasalahan lingkungan dan kesehatan.

“Selain itu, Desa Sidodadi juga memiliki permasalahan pada saluran pembuangan tinja atau feses, yakni masih banyak rumah warga yang tidak memiliki septic tank layak sehingga berdampak pada lingkungan dan kesehatan warga,” ungkap Anjar, berdasarkan rilis yang diterima media ini.

Melihat persoalan itu, lantas BEM KM Poltekkes Tanjungkarang membuat septic tank dengan metode semi-terapung yang diuji cobakan pada salah satu rumah pangung di Desa Sidodadi.

“Dengan harapan, nantinya akan menjadi pacuan awal bagi warga desa lain yang belum memiliki septic tank untuk membuat septic tank yang ekonomis dan ergonomis seperti yang sudah kami contohkan pada salah satu rumah warga,” imbuhnya.

Dalam kegiatan ini, BEM KM Poltekkes Tanjungkarang didampingi oleh tiga dosen pembimbing yaitu A Fikri, Imam Santosa, dan Prihadi Elta, dengan harapan kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut dan bermanfaat bagi desa yang dituju.(Rls)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Rekomendasi