oleh

Gegap Gempita Sambut HUT ke-77 RI di Rutan Bandar Lampung, Napi Tarik Tambang Hingga Pakai Bakiak

VoxLampung.com, Bandar Lampung – Gegap gempita menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia mulai terasa. Salah satunya di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Bandar Lampung. Ratusan narapidana dan petugas Rutan antusias mengikuti berbagai perlombaan tradisional.

Iwan Setiawan, Kepala Rutan Bandar Lampung mengatakan, dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT ke-77 RI, pihaknya mengadakan perlombaan seperti tarik tambang balap karung, berjalan menggunakan bakiak dan memecahkan balon.

“Para warga binaan merespons dengan baik kegiatan ini, karena cukup lama yaitu hampir 3 tahun tak ada kegiatan lantaran Pandemi Covid-19. Tahun ini banyak kegiatannya. Ada juga panggung kreatifitas yang kemarin telah dilaksanakan dan hari ini perlombaannya,” kata Iwan Setiawan kepada awak media.

Adapun tema yang diangkat pada peringatan hari kemerdekaan tahun ini yaitu pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. Dengan tema itu, Iwan ingin masyarakat, termasuk napi Rutan Bandar Lampung cepat pulih dari keterpurukan akibat pandemi, dan bangkit bersama-sama untuk kehidupan yang lebih baik lagi kedepannya.

Napi Rutan Bandar Lampung mengikuti lomba bakiak untuk memeriahkan HUT ke-77 RI. | VoxLampung

Sementara itu, salah satu napi Rutan Bandar Lampung, Indra Saputra (33), mengaku bahagia dengan adanya kegiatan perlombaan dan panggung kreatifitas dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan. Selain sebagai hiburan bagi para napi, momen ini juga sebagai ajang merekatkan tali silaturahmi antar napi dan petugas Rutan.

“Senang sekali, acaranya meriah. Tadi saya sempat tersungkur waktu lomba, tapi seru, walaupun kalah. Ini untuk menghibur kami dan agar bisa merasakan kemeriahan HUT RI,” ujar Napi yang empat bulan kedepan akan bebas itu.

Adapun pada momen Hari Kemerdekaan tahun 2022 ini, Rutan Bandar Lampung mengusulkan remisi terhadap 353 narapidana, dan 7 orang yang diusulkan remisi khusus atau bebas langsung.

“Sekarang masih menunggu (hasil dari usulan remisi), mudah-mudahan terealisasi semuanya,” pungkas Karutan. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Rekomendasi