oleh

Buka Pasar Murah Bersubsidi di Metro, Gubernur Lampung: Jangan Ada Oknum Nakal

VoxLampung.com, Metro – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melakukan pelepasan minyak goreng curah sekaligus membuka pasar murah bersubsidi bahan pokok di Lapangan Mulyojati, Kecamatan Metro Barat, Kota Metro, pada Jumat, 22/4/2022.

Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Provinsi Lampung untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah dalam memenuhi kebutuhannya terutama bahan pangan pokok.

Harga bahan pangan pokok tersebut disubsidi oleh Pemerintah Provinsi Lampung untuk keperluan harian maupun dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 M.

“Terimakasih kepada para pengusaha, Bulog dan semua pihak yang telah menyelenggarakan kegiatan ini,” ujar Arinal, berdasarkan rilis yang diterima VoxLampung.

Arinal mengatakan, kegiatan ini dalam rangka untuk mengendalikan kebutuhan pangan salah satunya minyak goreng terutama saat bulan Ramadhan dan menghadapi Hari Raya Idul Fitri. Pasar murah ini juga dilakukan semua kabupaten/kota.

Arinal memita agar pasar murah ini didistribusikan dengan tepat sasaran kepada masyarakat yang berpenghasilan rendah.

“Ini harus sampai ke masyarakat, bisa bermanfaat dan tepat sasaran,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Arinal menekankan kepada Kabupaten/Kota bekerjasama dengan kepolisian untuk melakukan pengawasan terhadap minyak goreng termasuk dalam pendistribusiannya ke masyarakat.

“Ini harus menjadi perhatian bersama untuk melakukan pengawasan terutama dalam perdistribusian. Jangan sampai ada oknum-oknum nakal dan yang melakukan penimbunan,” Tegas Arinal.

Pada bagian lain, Arinal mendorong Kota Metro agar terus dapat mempertahankan lahan pertaniannya dan membangun pertanian pada komoditas bawang merah, bawang putih, cabai, dan sayur-sayuran.

“Komoditas itu dengan mampu memberikan harga yang bagus kepada para petani, ini akan bisa membuat perubahan pendapatan para petani. Untuk itu manfaatkan lahan untuk produktivitas,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung Elvira Umihanni dalam laporannya mengatakan mekanisme pelaksanaan pasar murah ini dilakukan dengan cara distribusi oleh pamong setempat dengan persyaratan yang telah ditentukan.

“Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran pandemi Covid-19,” ujar Elvira.

Elvira menyebutkan, paket yang disebar yakni sebanyak 1.500 paket yang didistribusikan kepada masyarakat di 22 Kelurahan di 5 Kecamatan Kota Metro. Masing-masing kecamatan sebanyak 300 paket.

Adapun komoditi yang disubsidi yakni beras 5 kg, gula 1 kg, tepung terigu 2 kg dan minyak goreng kemasan 900 ml dengan nilai subsidi masing-masing sebesar Rp25.000 per paket. Harga yang disubsidi adalah harga distributor sebesar Rp100.000.

“Sehingga masyarakat menebus dengan harga Rp75.000 per paket,” katanya.

Selain itu, Elvira mengatakan, bekerjasama dengan PT Aman Jaya Perdana disediakan minyak goreng curah sebanyak 3.000 liter yang dijual ke masyarakat dengan harga HET Rp14.000 per liter.

Walikota Metro Wahdi Siradjuddin menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Lampung atas penyelenggaraan pasar murah bersubisidi bahan pokok dan pendistribusian minyak goreng curah.

Ia meminta kepada pamong yang akan melakukan penyaluran kepada masyarakat untuk dilakukan dengan sebaik-baiknya dan tepat sasaran.

“Diharapkan ini dilaksanakan dengan tertib karena masih Covid-19, jaga protokol kesehatan,” ujar Wahdi.(*)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Rekomendasi