oleh

Gempa Bumi Tektonik Magnitudo 3.2, Dirasakan di Liwa

Voxlampung.com, Bandar Lampung – Gempa berkekuatan magnitudo 3,2 melanda Liwa, pada Jumat, 29 Januari 2021 sekira pukul 22.36 WIB.

Badan Meteorlogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kepala Stasiun Geofisika Lampung Utara Anton Sugiharto menginformasikan, pusat gempa berada di 22 kilometer Barat Laut Pesisir Barat, Lampung pada kedalaman 9 kilometer.

“Hasil analisa BMKG, episenter terletak pada koordinat 5.11 LS dan 103.75 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut pada jarak 22 km BaratLaut Pesisir Barat Lampung pada kedalaman 9 kilometer,” Kata BMKG melalui keterangan tertulisnya.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Aktif.

Baca juga: Warga Berebut Air Rendaman Batu yang Diduga Meteor Jatuh di Lampung Tengah

“Berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di Liwa II-III MMI (Getaran dirasakan nyata di dalam rumah), Krui I-II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut,” lanjutnya.

Hingga pukul 22.50 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

BMKG mengimbau kepada masyarakat, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.(*)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Rekomendasi