oleh

Soal Dentuman Misterius di Tanggamus dan Beberapa Daerah, Ini Kata Ahli Astronomi

Voxlampung.com, Bandar Lampung – Dentuman misterius terdengar di sejumlah wilayah Lampung, di antaranya Tanggamus, Metro, Pesawaran, dan Lampung Utara, pada Kamis malam, 28/1/2021, sekira pukul 22.00 WIB.

Sekretaris Observatorium Astronomi ITERA Lampung (OAIL) Robiatul Muztaba mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan sumber dentumannya berasal dari peristiwa apa.

“Yang jelas bukan dari peristiwa hujan meteor,” Kata Robiatul yang akrab disapa Aji, saat dihubungi Voxlampung.com, Jumat pagi, 29/1/2021.

Aji bilang, butuh identifikasi lebih lanjut, apakah warga melihat cahaya memanjang di langit sebagaimana umumnya ciri-ciri hujan meteor.

Baca juga: Tak Hanya di Tanggamus, Dentuman Misterius Juga Terdengar di Metro-Pesawaran dan Lampung Utara

“Biasanya tidak sampai menimbulkan ledakan yang besar, karena peristiwa hujan meteor pada umumnya akan habis karena gesekan atmosfer Bumi,” Terang Aji.

Dosen Prodi Sains Atmosfer dan Keplanetan ITERA itu menambahkan, pihaknya juga belum bisa memastikan itu peristiwa jatuhnya sampah antariksa atau satelit yang sudah usang dan hilang kendali dan jatuh ke bumi.

“Mungkin warga setempat bisa mencari ke dekat sumber ledakan tersebut, apakah terdapat puing-puing dari sampah antariksa,” Kata dia.

“Kalau hanya identifikasi dari ledakan saja, sulit kalau dikaitkan dengan fenomena langit,” Imbuh Aji. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Rekomendasi