oleh

Sosialisasi 4 Pilar di Punggur, Dwita Ria Bahas Peran Perempuan Jaga NKRI

VoxLampung.com, Lampung Tengah –
Anggota MPR RI Fraksi Partai Gerindra, Dwita Ria Gunadi, kembali menggelar kegiatan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan untuk Tahap 4 tahun 2023. Bertempat di Aula Asosiasi Kelompok Wanita Tani (Askowani), Kampung Astomulyo, Kecamatan Punggur, Kabupaten Lampung Tengah pada Kamis, 18/5/2023.

Dwita Ria didampingi langsung oleh ketua Askowani, Suparti dalam kegiatan sosialisasi 4 PILAR yang diikuti 150 Peserta yang merupakan pengurus Askowani se-Kabupaten Lampung Tengah.

Legislator Gerindra tersebut dalam penyampaiannya mengatakan bahwa perempuan memiliki peran menjaga dan merawat Negara Kesatuan Republik Indonesia sekaligus terlibat dalam pembangunan mensejaterahkan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Cinta NKRI dan Pancasila tidak sekedar disuarakan tetapi lebih penting dipraktekkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Perempuan sebagai mitra laki-laki, perlu berkompetisi dan bersaing dengan laki-laki,” ungkap Dwita Ria.

Dwita Ria mengatakan, negara kesatuan bukan penyeragaman dalam kebijakan tetapi negara kesatuan yang menghormati eksistensi keberagaman.

“Karena itu diperlukan keindonesiaa dan kedaerahan yang seimbang untuk menghindarkan harmoni, energi, dan kohesi sosial yang memadai,” Kata Srikandi Gerindra tersebut.

Dwita Ria juga mengungkapkan bahwa pemilihan negara kesatuan sebagai sarana mempersatukan wilayah nusantara yang terdiri dari ribuan pulau, di mana Pancasila sebagai dasar negara, sebagai wahana mempertemukan kemajemukan nilai dan tradisi dari agama, suku, bahasa, dan budaya berbeda.

Belakangan ini landasan kehidupan bangsa, Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika sedikit terganggu dengan munculnya sikap politik sektarian dari sekelompok kecil anak bangsa, yang ingin memperjuangkan ideologi sendiri, jauh dari Pancasila dan NKRI.

“Kehadiran perempuan dalam politik kebangsaan penting dalam politik kebangsaan, di tengah munculnya arus politik, yang hendak merusak persatuan dalam berbangsa dan bernegara. Partisipasi perempuan dalam berpolitik merupakan konsekwensi logis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Dwita Ria. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Rekomendasi