oleh

Selain Oknum Jaksa, Panitera PN Pesawaran Turut Diciduk Polda Usai Pesta Sabu

VoxLampung.com, Bandar Lampung – Subdit I Dit Res Narkoba Polda Lampung rupanya tak hanya menciduk seorang oknum Jaksa Rengga Puspa Negara, dalam operasi penangkapan pada Senin, 8/2/2021 lalu. Sebelum menangkap Rengga, Polisi terlebih dahulu mengamankan seorang oknum Panitera pengganti Pengadilan Negeri (PN) Pesawaran bernama Handro Yuricki.

Adapun kronologis penangkapannya, pada Senin, 8/2/2021, sekira pukul 13.00 WIB, tim opsnal subdit I yang dipimpin oleh Kasubdit I Dit Res Narkoba Kompol Hendriansyah menangkap oknum Panitera PN Pesawaran Handro Yuricki dan rekannya bernama Ali Ferdian, yang merupakan mantan PNS Pengadilan Negeri Way kanan.

Mereka ditangkap di dalam mobil Toyota Kijang inova Nomor Polisi BE 2107 YT yang sedang berhenti di pelataran parkir RS Urip Sumoharjo.

“Polisi mengamankan barang bukti dari dalam mobil itu berupa narkotika sebanyak satu bungkus plastik klip bening,” Kata Kabid Humas Polda Lampung Komisaris Besar (Kombes) Pol Zahwani Pandra Arsyad saat ekspose di Direktorat Narkoba Polda Lampung, Kamis, 11/2/2021.

Baca juga: Pakai Sabu, Oknum Jaksa Ditangkap Polda Lampung

Polisi selanjutnya melakukan pengembangan kasus. Berdasarkan keterangan keduanya, mereka telah mengonsumsi Narkotika di rumah oknum Jaksa bernama Rengga Puspa Negara, bersama seseorang bernama Roni Sanjaya. Atas dasar keterangan itu, polisi langsung meluncur ke kediaman Rengga pada hari yang sama, sekira pukul 15.30 WIB.

Polisi berhasil meringkus Rengga di rumahnya, di Jalan Belitung nomor 38 LK I RT 003, Sukabumi, Bandar Lampung. Saat digeledah, ditemukan barang bukti miliknya berupa 1 perangkat alat hisap sabu, 6 buah plastik klip bekas pakai, 1 unit timbangan digital, 1 buah plastik klip berisi biji ganja, 1 buah korek api gas yang sudah dimodifikasi dan 8 butir peluru tajam.

Kemudian sekira pukul 20.00 WIB, Tim Opsnal kembali melakukan pengembangan kasus dan menangkap Roni Sanjaya, di depan masjid di Kelurahan Sukarame Bandar Lampung. Saat digeledah, ditemukan barang bukti 4 paket Sabu miliknya, yang disembunyikan di selipan tali pinggang dan saku celananya.

Baca juga: Terungkap, Pemotor Bawa Celurit Rupanya Pelajar 3 Sekolah yang Hendak Tawuran

Berdasarkan keterangan Roni, bahwa sabu tersebut didapatkan dari HA yang saat ini masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polda Lampung.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap 4 orang tersangka, saksi- saksi dan barang bukti yang ada, serta hasil gelar perkara, maka terhadap keempatnya dapat ditingkatkan ke tahap penyidikan,” Ungkap Pandra.

Para tersangka dipersangkakan melanggar Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Handro Yuricki dan Ali Ferdian dipersangkakan Pasal 132 ayat (1) jo Pasal 114 ayat (1) sub pasal 112 ayat (1) dan pasal 127 ayat (1) huruf a.

Sedangkan, Rengga Puspa Negara disangkakan pasal 111 ayat (1) dan pasal 112 ayat (1) sub pasal 127 ayat (1) huruf a, dan Roni Sanjaya disangkakan Pasal 114 ayat (1) sub pasal 112 ayat (1) dan pasal 127 ayat (1) huruf a Jo pasal 132.(*)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Rekomendasi